Halaman SDN Kertamanah Amblas & Terancam Longsor

0
131
Halaman (SDN) Kertamanah yang amblas dan terancam longsor

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Halaman Sekolah  Dasar Negeri  (SDN) Kertamanah Desa Panyindangan Kecamatan Cibinong Cianjur Jawa Barat, amblas setinggi 60 centimeter. Hal itu terjadi sebagai dampak dari guncangan gempa bumi yang terjadi di Banten beberapa pekan lalu. Selain itu, tanah milik warga belakang sekolah setinggi 10 meter sudah mengalami keretakan. Hingga mengancam keselamatan para siswa dan guru, Senin (11/2).

Karuan saja hal itu membuat kekhawatiran para siswa dan guru untuk melaksankan kegiatan belajar mengajar di ruang kelas tersebut.

Kepala SDN Kertamanah Maryani mengatakan, pihaknya merasa khawatir saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, tanah depan halaman sekolah sudah mengalami amblas setinggi 60 cm, sebagai dampak dari gempa bumi beberapa pekan lalu yang terjadi di Banten.

” Saya sangat khawatir saat para siswa dan guru  melaksanakan kegiatan belajar mengajar di ruang kelas. Karena tanah milik warga juga dengan tinggi 10 meter sudah mengalami keretakan,” kata Maryani, saat dihubungi, Senin (11/2).

Lebih lanjut Maryani mengatakan, apalagi dimusim penghujan seperti sekarang. Bukan khawatir lagi malah ketakutan saat di ruang kelas. Karena bangunan sekolah tersebut tanahnya labil. Sehingga setiap hari,  halaman sekolah  amblasnya bertambah.

” Yang lebih ditakutkan lagi tanah milik warga posisinya pas ruangan kelas siswa. Jadi para guru saat memberikan pelajaran kepada murid merasa was-was, takut ada longsor mendadak,” ungkapnya.

Menurut dia, amblasnya tanah tersebut sudah hampir 3 bulan. Padahal pihak sekolah sudah membuat laporan ke UPTD dan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur untuk secepatnya ada penanganan. Selain itu, masih kata Maryani, proposal pun sudah dilayangkan, namun belum jawaban apa-apa.

” Semenjak mengalami amblas yang didepan halaman sekolah saya sudah membuat laporan dan membuat proposal untuk perbaikan dan penanganan lebih maksimal,” ucapnya.

Maryani berharap, pihak dinas terkait atau Pemerintah Kabupaten Cianjur bisa memprioritaskan untuk perbaikan atas amblasnya halaman SDN Kertamanah. Hingga siswa dan guru tidak lagi merasa was-was saat melakukan kegiatan di ruang kelas. Terlebih sekarang bangunan sekolah terancam longsor.

” Saya berharap Pemkab Cianjur atau dinas terkait bisa secepatnya tinjau lokasi agar secepatnya ada perbaikan,” katanya penuh harap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here