Gotong Royong Sudah Membudaya Dimasyarakat Cianjur

0
195
Gotong Royong budaya masyarakat Cianjur yang hingga kini masih melekat di kalangan mayarakat

Laporan : Aldan

Cinjur, metronusantara.com –  Gotong royong lobaan (Gorol) yang diprogramkan Bupati Cianjur H.Irvan Rivano Mochtar sudah membudaya di masyarakat Cianjur. Seperti di Karang Taruna Kampung Pasir Kunci RT 03/11 Desa Nanggala Mekar Kecamatan Ciranjang Cianjur Jawa Barat. Karang Taruna ini mengadakan pembersihan ruas jalan lingkungan desa sepanjang 10 kilometer, Minggu (28/01).

Ketua Karang Taruna Kampung Pasir Kunci RT 03  Sutisna mengatakan, kegiatan Gorol yang dipelopori karang taruan ini juga melibatkan orang tua dan tokoh masyarakat. Hal ini adalah salah satu kebiasaan untuk menumbuh kembangkan kesemangatan pemuda dalam upaya peningkatan kebersamaan.

” Alhamdulilah, setiap ada kegiatan, Karang Taruna Kampung Pasir Kunci paling terdepan, baik sosial mau pun keagamaan,” kata Sutisna.
Menurut dia, bakti sosial sekarang ini tidak lain, hanyalah membersihkan jalan lingkungan antar dua kampung. Yakni Kampung Pasir Kunci Selatan dan Kampung Pasir Kunci Utara.

” Bahkan gorol ini disambut antusias warga dari dua kampung, jadi tidak hanya karang taruna saja,” ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai dengan program Bupati Cianjur, gorol akan menjadi budaya di Kampung Pasir Kunci. Terutama Karang taruna akan selalu menjadi pelopor demi kemajuan lingkungan dan desa.
” Saya akan mempretahankan sikap gotong royong tersebut disetiap kegiatan, supaya  para pemuda terarah ke hal positif sehingga tidak terbawa ke hal-hal negatif di jaman sekarang dan jauh dari narkoba,” katanya.
Ketua RT 03 Oji Fauji mengatakan, pihaknya sangat apresiasi terhadap karang taruna yang sudah peduli terhadap jalan lingkungan dan melakukan pembersihan ruas jalan sepanjang 10 kilometer.
” Saya sangat apresisai sekali dalam kegiatan gorol ini karang taruna menjadi pelopor, sehingga para orang tua dan tokoh ikut terlibat dalam kegiatan ini,” katanya.

Oji berharap, kesemangatan pemuda menjadi penyemangat juga bagi para pemuda lainnya, agar lingkungan tetap terjaga dan bersih.
” Alhamdulilah, dengan adanya gorol yang diprogramkan Bupati di Kampung Pasir Kunci Desa Nanggala Mekar sudah menjadi budaya dan mudah-mudahan kebersamaannya tetap terjaga,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here