Dinas Sosial Kab. Cianjur  Sosialisasikan  Penanganan Anjal & Gepeng  di Haurwangi

0
191
Kadinsos Cianjur saat menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penanganan Anjal & Gepeng

Liputan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur, Rabu (1/11) kemarin, melakukan kegiatan Sosialisasi Penanganan  Anak  Jalanan (Anjal),  Gembel dan Pengemis (Gepeng). Kegiatan tersebut  dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Haurwangi. Nampak hadir pada acara itu, unsur Muspika Haurwangi, para kepala desa, Kaur Kesra dari setiap desa  dan tokoh masyarakat Kecamatan Haurwangi.

Kepala Dinsos Kabupaten Cianjur, H. Sumitra mengatakan, sosialisasi penanganan Anjal dan Gepeng merupakan salah satu program Dinas Sosial  yang harus diaplikasikan dan direalisasikan  berbagai pihak. Seperti halnya pihak pemerintahan kecamatan, desa, RT/RW dan masyarakat lainnya. Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

Sosialisasi penanganan Anjal dan Gepeng, di Haurwangi, karena Kecamatan Haurwangi merupakan pintu gerbang Kabupaten Cianjur.  Bahkan  sekarang ini Haurwangi memiliki  beberapa  tempat wisata. Diantaranya Wana Wisata Poklan, Rest Area dan Tebing Asmaul Husna.

Maka dengan adanya itu, tidak menutup kemungkinan besok lusa akan banyak kedatangan Anjal dan Gepeng. Mereka ini sengaja datang untuk mencari keuntungan di lingkungan tempat wisata tersebut. Kedatangan Anjal dan Gepeng, biasanya  diawali dengan  adanya orang luar Haurwangi  yang sengaja ngontrak atau sewa rumah di sekitar lingkungan Haurwangi.

Tapi dibalik itu, usahanya hanya sebagai  Anjal dan Gepeng. Karena itu diharapakan kepada para kepala desa yang ada di Kecamatan Haurwangi, Ketua RT/RW dan masyarakat,  harus  benar waspada sejak dini. Supaya Kecamatan  Haurwangi bebas dari  adanya Anjal dan Gepeng. ´hal itu sesuai dengan Visi Misi Pemkab Cianjur,  yaitu Cianjur yang lebih maju dan agamais,” kata Sumitra.

Kasi Trantib Kecamatan Haurwangi, Sahril Suangsa menambahkan, dengan dilaksanakannya sosialisasi penanganan Anjal dan Gepeng, pada seluruh kepala desa, RT/RW dan masyarakat Kecamatan Haurwangi, pihaknya menyambut baik dan  sangat mendukung. Karena bisa saja Anjal dan Gepeng di Kecamatan Haurwangi cepat menjamur dan mencari keuntungan di tempat wisata Poklan, Rest Area dan di Tebing Asmaul Husna.

Maka dengan dilaksanakannya sosialisasi dari sekarang, seluruh warga Kecamatan Haurwangi, diharapkan supaya lebih warpada. Utamanya memberikan arahan dan pembinaan  pada para pemuda, anak seusia SD dan pada warga yang kurang beruntung. Supaya nantinya tidak mencari uang dari hasil menjadi Anjal dan Gepeng.

“ Selain itu juga harus mewaspadai pada warga luar yang sengaja ingin ngontrak, sewa rumah di lingkungan Kecamatan Haurwangi, yang natinya mencari usaha dengan menjadi Anjal dan menjadi Gepeng,” pesannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here