Disnak Cianjur Selenggarakan Bintek Pengembangan Usaha Ternak Sapi & Domba

0
85
Bimbingan Teknis (Bintek) bagi pengurus Kelompok Usaha Ternak Sapi dan Domba yang ada di Kecamatan Bojongpicung, Haurwangi, Ciranjang, Sukaluyu dan Mande.

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur, Senin (23/10) kemarin, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek) bagi pengurus Kelompok Usaha Ternak Sapi dan Domba yang ada di Kecamatan Bojongpicung, Haurwangi, Ciranjang, Sukaluyu dan Mande.

Bintek tersebut diselenggarakan di aula BPBP Cihea Desa Neglasri, Kecamatan Bojongpicung Cianjur Jawa Barat. Ada pun materi utamanya adalah tentang penyaluran dana bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Barat  untuk kelompok usaha ternak sapi dan domba.

Bintek tersebut, dipandu langsung  Kasi Pemberdayaan Kelembagaan  Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur,  H. Setiawan. Nampak hadir  UPTD Puskeswan wilayah Timur dan Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Cianjur, H. Sapturo.

Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Cianjur mengatakan,  kelompok ternak ini nantinya akan  dibiayai dari dana bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur. Hingga nantinya tiap kelompok akan menerima ternak  sapi, domba dan sebagian bantuan  dana  untuk biaya obat-obatan, vitamin dan pakan ternak. Diharapkan dengan adanya Bintek ini akan mammpu mengembangkan usaha ternaknya pada kelompok lain.

Karena hal itu, lanjut Sapturo,  tiada lain untuk membantu  meningkatkan perekonomian  pengurus kelompok dan seluruh masyarakat  yang ada di lingkungan sekitar. Sapturo juga berpesan, agar seluruh kelompok pengembangan ternak, mampu  mengurus usaha  pengembangan  tenak  dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selain itu, masih kata Sapturo, juga mampu mengestapetkan ternaknya pada kelompok lain. “ Hingga kelompok usaha  pengembangan ternak bisa  bertambah banyak dan otomatis kedepannya seluruh masyarakat akan  lebih baik ekonominya  dan kesejahtraannya meningkat pula,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua  Kelompok Pengembangan  Ternak Domba Kecamatan Karangtengah,  Ujang Arba (50) mengatakan, dengan adanya rencana bantuan  keuangan yang dialokasikan pada ternak sapi dan domba. Ujang mengucapkan terima kasih dan berharap, bantuan tersebut cepat diturunkan. Karena pihaknya beserta 16 kelompok  pengembangan usaha ternak yang ada di Kecamatan Karangtengah  telah lama menunggunya.

Karena itu seluruh masyarakat  yang ikut dalam kelompok pengembangan ternak  sudah merindukan ingin segera memiliki usaha kelompok ternak. Tentu saja hal tersebut kedepannya akan mampu meningkatkan kesejahtraan pengurus, anggota dan masyarakat sekitar. “ Selain itu, kami mengharapkan Partai golkar kedepannya lebih besar, maju dan mampu mengangkat Cianjur  lebih baik dan agamis,” ujarnya penuh harap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here