Diskop Cianjur Selenggarakan Diklat Perkoperasian & Pengembangan SRG  

0
67
Diskop Cianjur Gelar Acara Diklat Perkoperasian

 

Laporan : SamApip

Cianjur, metronusantara,com  – Untuk menunjang perkoperasian di daerah,  Pemkab Cianjur melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri telah membangun sebuah gedung Sistem Resi Gudang (SRG). Gedung tersebut terletak di belakang kantor Kecamatan Haurwangi.

Untuk mengenalkan pada masyarakat dan sekaligus meramai bangunan SRG, Dinas Koperasi Cianjur menggelar acara Pendidikan & pelatihan (Diklat) Perkoperasian, Kewirausahaan Dan Pengembangan Managemen Sistem Rasi Gudang (SRG).

Acara Diklat Perkoperasian tersebut dihadiri, pejabat Muspika Haurwangi, para  Kepala Desa, Gapoktan dan tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Haurwangi, Ciranjang, Bojongpicung dan Kecamatan Haurwangi.

Diakui Kepala Bidang (Kabid) KUMKM Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri Kabupaten Cianjur, Yudi Adi Nugroho, Diklat dan Sosialisasi keberadaan SRG, merupakan kewajibannya dan dinas instansi terkait.

Terkait keberadaan bangunan SRG yang belum menampakan aktivitasnya, Yudi mengimbau seluruh elemen masyarakat, Gapoktan, Poktan, para Kepala Desa dan para tokoh masyarakat untuk segera membentuk kepengurusan SRG.

Diharapkan, dengan terbentuknya pengurus SRG, bangunan SRG dapat difungsikan sesuai dengan aturan dan program yang telah ditentukan pihak pemerintah.

Seperti halnya SRG yang ada di Kecamatan Warungkondang. Sekarang ini telah aktif melaksanakan pelayanan terhadap seluruh para Gapoktan, Poktan dan  masayarakat setempat dan mampu menampung  gabah hasil panen para petani.

Untuk lebih jelasnya lagi, diharapkan seluruh elemen masyarakat, Gapoktan, Poktan, para Kepala Desa untuk segera melaksanakan studi banding ke SRG yang ada di Kecamatan Warungkondang. Karena sekarang ini SRG Warungkondang sering dikunjungi para pengurus SRG yang  datang dari luar Kota Cianjur.

Sementara itu Camat Haurwangi, Iwan Karyadi mengatakan, dengan dilaksanakannya  Diklat Perkoperasian dan  Sosialisasi Manajemen SRG di Kecamatan Haurwangi, mendapat sambutan antusias dari seluruh warga.

Karena secara tidak langsung seluruh para petani yang ada di Kecamatan Haurwangi, Ciranjang, Bojongpicung dan Kecamatan Sukaluyu, akan mampu memanfaatkan SRG.

“ Seperti menyimpan gabah hasil panennyayang disimpan dengan cara SRG dan sertifikat SRG nya bisa dijadikan jaminan  untuk minjam  uang ke Bank,” jelas Camat Haurwangi.

Hal itu, masih kata Camat Haurwangi, jika  sertifikat  SRG benar  berharga. Karena itu, pihaknya mengharapkan sekali segera terbentuk kepengururan gedung SRG Haurwangi.

Selain itu, ia juga meyakini, jika setelah aktifnya gedung SRG Haurwangi, seluruh petani ekonominya akan meningkat. Karena harga gabah yang disimpan di gudang SRG akan meningkat.

“ Karenanya seluruh pengurus koperasi dan SRG harus benar-benar mampu menjalankan tugasnya secara profesional dan proporsional,”  ungkapnya,.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here