Desa Sukaratu Bentuk Kepengurusan Desa Siaga

0
142
pembentukan pengurus Desa Siaga diadakan oleh warga Desa Sukaratu

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Dalam upaya membantu meningkatkan  kesejahterakan warga Desa Sukaratu Kecamatan Bojongpicung, Pemerintahan Desa  Sukaratu bersama seluruh elemen masyarakat, membentuk kepengurusan Desa Siaga.

Seluruh bentuk keputusan  Desa Siaga telah disepakatai bersama. Kemudian dijadikan Peraturan Desa (Perdes). Seperti halnya urunan bulanan per Kepala Keluarga (KK) Rp. 1000,- tiap bulan.

Dana tersebut akan dialokasikan untuk membiayai transportasi warga yang hendak berobat ke Rumah Sakit. Memberi santunan pada keluarga yang meninggal dunia (santunan kematian) dan membantu ibu melahirkan.

Ketua Desa Siaga Desa Sukaratu, Aceng Hidayat (61) menjelaskan, dibentuknya kepengurusan Desa Siaga, karena wilayah  Desa Sukaratu bisa dikatakan desa yang sedikit jauh dari tempat berobat (Puskesmas dan Rumah Sakit). Selain itu, perekonomian warganya masih bisa dikatakan belum maju. Hingga bila ada warga yang sakit, bersalin atau meninggal dunia di Rumah Sakit, selalu kesulitan untuk membawa pulangnya.

Tapi bila dibentuk kepengurusan Desa Siaga, maka hal tersebut akan terjawab. Bisa diambil dan diantarkan dengan cepat, karena dana telah tersedia di bendahara Desa Siaga. Dana tersebut adalah hasil urunan warga itu sendiri. Selain itu, pengurus Desa Siaga bisa pula memberi bantuan pada mereka yang meninggal dunia, sakit dan bersalin.

Sejak dibentuknya kepengurusan Desa Siaga dua bulan yang lalu, pengurus desa siaga telah mengeluarkan bantuan dana pada warga yang meninggal dunia dan sakit senilai Rp, 2,5 Juta. Maka dengan aktifnya Desa Siaga, pihaknya mengajukan pada Pemerintahan Desa Sukaratu, di tahun mendatang supaya memiliki mobil Ambulan.

“ Mobil itu untuk keperluan warga Desa Sukaratu itu sendiri dan pengelolaannya akan diurus pihak pengurus Desa Siaga,” ucap Aceng.

Sementata itu, Kepala Desa Sukatagu, Ahmad Hidayat mengatakan, memang benar dua bulan yang lalu pihaknya telah membentuk kepengurusan Desa Siaga. Pengurus Desa Siaga telah mampu mengumpulkan dana dari hasil urunan masyarakat desa juga telah mampu membantu warga yang meninggal dunia, sakit dan bersalin.

Kepengurusan Desa Siaga beserta aturan dan ketentuan programnya telah dibuatkan Perdesnya. Supaya kegiatan Desa Siaga tidak terkesan asal-asalan dan seluruh programnya mengacu pada Perdes.

“ Dengan aktifnya Desa Siaga maka pihak desa telah menganggarkan mobil Ambulan pada program bantuan Dana Desa (DD) yang akan datang,” jelas Ahmad Hidayat.

Dilain pihak, anggota DPRD Kabupaten Cianjur, H. Sapturo mengatakan, dengan adanya Desa Sukaratu menjadi Desa Siaga, pihaknya merasa bersyukur dan terimakasih. Karena Desa Siaga nantinya akan mampu membantu seluruh warga desa itu sendiri, khususnya dalam bidang kesejahteraan dan kesehatan.

Desa Siaga tersebut, perlu adanya pembinaan dari pemerintahan kecamatan, Pemkab Cianjur dan dari berbagai dinas instasi terkait. Supaya kedepannya lebih maju dan mampu mensejahterakan seluruh warga Desa Sukaratu. Baik dalam bidang kesehatan, pendidikan maupun di bidang ekonomi,

“ Demi terlaksananya Desa Siaga yang baik, maka dalam waktu dekat kami akan berkunjung melihak ke pengurusan dan administrasi Desa Siaga Desa Sukaratu,” kata Sapturo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here