Desa Kertamukti  Bangun Infrastruktur  & Pembedayaan Masyarakat

0
37
Desa Kertamukti kini tengah berbenah membangun infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat

Liputan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi Cianjur Jawa Barat, kini tengah sibuh berbenah diri. Terutama setelah turunnya Dana Desa (DD) Tahap Dua, Tahun Anggaran 2017. Dana yang diterima dari DD tersebut, dipergunakan untuk infrastruktur jalan desa dan membangun Tembok Penyangga Tanah (TPT) pinggir jalan desa. Yaitu antara Kampung Pasirkalili sampai Kampung Buniayu sepanjang 388 meter, lebar 30 Cm dan tinggi 1,3 meter.

Selain itu juga membangun cor beton jalan desa Kampung Pasirkalili menuju Kampung Leuweung Malang, sepanjang 196 meter, lebar 2,5 meter dan tebal setinggi 15 Cm. Sedang sisanya dipergukan untuk pemberdayaan masyarakat desa.

Kepala Desa Kertamukti Cepi Agustina mengatakan, setelah turunnya DD tahap dua anggaran tahun 2017, seluruhnya diterapkan pada dua jenis infrasetruktur jalan desa, Sisanya untuk pemberdayaan masyarakat. Seperti untuk kegiatan Karang Taruna, PKK, Posyandu dan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Menurut Cepi, seluruh kegiatan tersebut, dilaksanakan langsung pihak Tim Pelaksana Kegitan  (TPK) Desa, dibantu organisasi kemasyarakatan desa. Pembangunan infrastruktur jalan tersebut,  semua berdasrkan hasil kesepakatan bersama antara Pemerintahan Desa dengan seluruh masyarakat Desa Kertamukti yang dituangkan pada Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes).

Diharapkan, semua itu mampu meningkatkan kualitas perekonomian, pendidikan dan kesehatan seluruh masyarakat Desa Kertamukti.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Kertamukti,  Edi Tya Permana (40) menambahkan, seluruh pembangunan Infrastruktur jalan desa  dibiayai DD tahap dua. Semua berdasarkan hasil kesepakatan bersama dengan tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. .

Diakui Edi, sebenarnya yang harus dikerjakan. Namun karena terbentur anggaran, maka akan direncanakan pada tahun berikutnya.

“ Semoga saja seluruh ruas jalan desa, saluran irigasi tercier kedepannya bisa dibangun sesuai dengan keinginan masyarakat. Karena dengan adanya ruas jalan desa, saluran irigasi tercier yang bagus maka akan mampu mensejahterakan masyarakat dan mampu pula menjadi desa yang mandiri,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here