Desa Cihaur  Cibeber Optimis, BUMDes Akan Menunjang Perekonomian Warga

0
32

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusamtara.com – Adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) diyakini akan mendobrak pesat  roda perekonomian yang sangat signifikan di setiap desa. Salah satunya Desa Cihaur Kecamatan Cibeber Cianjur Jawa Barat. Dari BUMdes itu Desa Cihaur telah membangun 6 unit kontrakan di Kampung Ereng dan kios kecil sebanyak 30 lokal di alun-alun Cibeber yang dimasukan ke pendapatan anggaran desa (PADes).

Kepala Desa Cihaur Edi Herman mengatakan, pihaknya sudah mempunyai dua aset yang sudah masuk ke pengelolaan BUMDes dan itu menjadi PADes. Dintaranya, kios kecil sebanyak 30 lokal yang sekarang sudah berjalan dan terisi para pedagang. Kemudian kontrakan rumah sebanyak 6 unit.

” Alhamdulilah,yang sudah masuk ke pengelolaan Bumdes baru dua dan sekarang sudah menjadi pendapatan anggaran desa,” kata Edi ,Selasa (28/11/).

Selain itu, lanjut Edi, sekarang ini kantor Bumdes baru dibangun dengan menggunakan anggaran desa. Bahkan hampir mencapai  sekitar 40%.

” Setelah pembangunan kantor selesai, kami rencananya akan menarik usaha kecil menengah yang ada di Desa Cihaur. Itu juga baru terserap modalnya di 2018,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kasi pemerintahan Desa Cihaur Aswin. Menurut dia, salah satu penunjang pereokonomian desa adalah pengelolaan BUMDes. Yang nantinya akan menggaet para pengusaha kecil menengah. Karena Desa Cihaur banyak potensi warga.

” Mungkin dengan adanya badan usaha milik desa ini perekonomian Desa Cihaur akan lebih maju pesat,” katanya.

Lebih lanjut Aswin mengatakan, Desa Cihaur berencana dalam penyerapan anggaran yang dialokasikan ke BUMDes di 2018 mendatang akan membuat toko alat tulis kantor (ATK). Bahkan tidak hanya itu, cita-cita kedepan akan membuat toko swalayan.

” Desa cihaur akan lebih optimis dengan kemajuan BUMDes. Dan semoga saja menjadi simple di Kecamatan Cibeber terkait BUMDes,” ucapnya.

Sementara itu, pengelola BUMDes Sahmeli mengakui, dengan terbentuknya Badan Usaha Milik Desa, pihaknya merasa terbantu untuk peningkatan tarap ekonomi warga Cihaur.

” Salah satunya kios alun-alun yang dikelola saya ini, jadi para pedagang bisa menikmati untuk berjualan dan harga sewanyapun sangat murah. Bahkan bukan itu saja, pedagang di alun-alun jadi tertata rapi,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here