Desa Bumi Harjo Bahas Perda No 9 Tahun 2017

0
127
Musyawarah DEsa & Pengelolaan Aseu Desa yang diselenggarakan Desa Bumi Harjo

Laporan : Sutarji

Kotawaringin Barat, metronusantara.com – Semua aset desa yang dikuasai pihak lain atau insransi lain harus dikembalikan ke desa. Hal tersebut tertuang pada Peraturan Daerah (Perda) No 9 Tahun 2017.

Untuk membahas hal tersebut, Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Prov. Kalimantan Tengah, pada Rabu (20/12) kemarin, menggelar rapat. Ada pun rapat tersebut mengusung thema “ Musyawarah Desa dan Pengelolaan Aset Desa”.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Desa Bumi Harjo, Sekretaris Desa Bumi Harjo, Jatmiko, Edy Tarno dari tokoh masyarakat, Slamet Hariyadi sesepuh masyarakat, tokoh pemuda serta sejumlah warga setempat.

Pada kesempatan itu Kades Bumi Harjo mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan saran dukungan dari seluruh warga Bumi Harjo agar seluruh aset desa yang dikuasai pihak lain bisa kembali ke desa.

“ Hingga aset desa tersebut bisa dinikmati dan berguna bagi warga Desa Bumi Harjo,” katanya.

Sementara Edy Tarno mengatakan, dalam hal pengembalian aset desa hendaknya dicari informasi terlebih dahulu. Hal itu dipandang perlu agar dalam setiap langkah didukung dengan data yang lengkap.

Selanjutnya Edy Tarno menyebutkan, salah satunya adalah masalah tanah perkebunan yg berada dilingkungan RT 01. Karena masyarakat sekitar sama sekali tidak menikmatinya.

Selain itu, disana terdapat sumber air yang besar. Namun karena perkebunan dikeliling pagar, hingga warga kesulitan untuk mencapai sumber air dan harus memutar dengan jarak yang cukup jauh saat musim kemarau datang.

Kuntuk itu, pihak desa dan tokoh masyarakat  memohon pada pihak perkebunan yangg menguasai lahan saat ini bisa legowo demi kepentingan warga dan Desa Bumi Harjo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here