Dandim 0608 Cianjur Resmikan Pembangunan Rutilahu

0
66
Dandim 0608 Cianjur Letkol Hidayati secara simbolis menyerahkan kunci rumah yaang baru dibangun pada salah seorang warga Desa Jatisari

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Pemerintahan Desa Jatisari Kecamatan Bojongpicung Cianjur Jawa Barat bersama Kodim 0608 Cianjur, baru-baru ini telah melaksanakan pembangunan 18 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik warga Desa Jatisari.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada Sabtu (30/12) Dandim Cianjur Letkol Hidayati, meresmikan pembangunan Rutilahu tersebut. Acara persemian ditandai dengan dilakukannya gunting pita di salah satu rumah yang baru selesai dibangun, milik warga Kampug Pasir Kawung Desa Jatisari. Selain itu, Hidayati secara simbolis menyerahkan kunci rumah pada salah seorang warga yang rumahnya dibangun.

Hidayati saat dihubungi disela-sela acara mengatakan, program pembangunan Rutilahu di Jawa Barat ada 8000 unit Rutilahu. Sedangkan di Kabupaten Cianjur ada 612 unit rumah yang tersebar di 32 Kecamatan.

Sementara pembangunan Rutilahu di Desa Jatisari yang baru selesai dilaksanakan pembangunannya ada 18 unit. Ada pun dananya didapat dari bantuan hibah pembangunan Rutilahu dari Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perum & Tarkim Kabupaten Cianjur.

Lebih lanjut Hidayati mengatakan, dana bantuan hibah dari Provinsi Jawa Barat, hanya merupakan stimulan saja. Tentu saja bantuan tersebut tidak akan mencukupinya kalau tanpa adanya ikut andil masyarakat setempat. Yaitu dengan memberikan subsidi, baik berupa tenaga, matrial bahan bangunan atau berupa uang.

Menurut dia, pembangunan Rutilahu yang ada di Kabupaten Cianjur, seluruhnya ditawarkan untuk dibangun secara permanen. Namun nyatanya pembangunannya  disesuikan dengan situasi dan kondisi dilingkungan setempat, Hingga pembangunan Rutilahu  di Kabupaten Cianjur mayoritas dengan kontruksi semi permanen. Tapi ada satu desa di Kabupaten Cianjur yang pembangunan Rutilahunya dilaksanakan dengan permanen, yaitu di Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung.

Hal tersebut tentunya membuktikan animo dan kepedulian masyatakat Desa Jatisari untuk bergotong royong masing tinggi. Karenanya, hal tersebut perlu dipertahankan dan disikapi dengan serius oleh pihak pemerintahan desanya.

Selanjtnya Hidayati memberikan apresiasi terhadap Pemerintahan Desa Jatisari dan pada seluruh masyarakat yang telah mensukseskan 18 unit pembangunan Rutilahu.

“ Kepada warga yang rumahnya baru saja selesai dibangun, kami harap rumahnya dihuni, diurus dan jangan dijual,” pesannya.

Sementata itu, Camat Bojongpicung, Pujo Nugroho menambahkan, dengan selesainya pembangunan  18 unit Rutilahu menjadi Rulahu, pihaknya merasa bersyukur dan berucap terima kasih pada semua pihak.Terutama pada Kodim 0608 Cianjur beserta jajarannya dan pada Pemerintahan Desa Jatisari yang telah mampu menggerakan masyarakat membangun Rutilahu.

“ Semoga kebaikan semua pihak dibalas Allah SWT dengan setimpal, juga pada 18 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya baru saja selesai dibangun mohon dihuni dengan baik dan diharapkan pula  kesejahtraannya lebih meningkat, dibanding sebelumnya,” kata Pujo pada wartawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here