Dana Desa Tahun Anggaran 2018 Naik ???

0
384
Masih banyak pembangunan di Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi yang belum diselesaikan

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Akhir-akhir ini tersiar kabar, pemerintah akan menaikan Dana Desa (DD). Karuan saja, kabar tersebut disambut baik masyarakat, terutama paa kepala desa dan perangkat desa.

Namun nampaknya, berita itu hanya isapan jempol belaka. Karena banyak desa  yang ada di Kabupaten Cianjur, pagu DD tahun anggaran  2018 nilainya  malah turun dibanding tahun anggran 2017. Seperti halnya Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi Cianjur Jawa Barat.

Tentu saja turunnya pagu DD disesalkan banyak pihak. Padahal, kata Kades Mekarwangi Cecep Surachman, digelontorkannya DD itu untuk memajukan desa dan sekaligus mensejahterakan warga desa. “Hingga desa yang semula masuk dalam kategori desa tertinggal bisa naik statusnya menjadi desa mandiri,” kata Cecep Surachman.

Untuk itu,lanjut Cecep, pemerintah terus memberi dukungan pada seluruh desa. Semua itu dilakukan pemeintah untuk mendorong kemajuan desa dan pemerataan dibidang pembangunan.

Karena itu, adanya berita pemerintah akan menaikan bantuan DD, disambut positif segenap lapisan masyarakat. Namun ternyata, berita itu rupanya berita hoax yang tak jelas sumbernya.

Tapi anehnya, di Kecamatan Haurwangi yang  DD nya turun  hanya  satu desa, yakni Desa Mekarwangi. Kalau dilihat dari keberhasilan dan kemajuan, itu salah besar. Karena Desa Mekarwangi masih sejajar dengan desa lainnya.

Cecep berharap, pihak Pemkab Cianjur dan dinas instansi terkait, mengkaji ulang turunnya DD untuk Desa Mekarwangi. Karena masih banyak pembangunan yang harus diselesaikan. Baik pembangunan infrastruktur mau pun pembangunan lainnya.

Sementara itu, salah seorang pemuda Kecamatan Haurwangi Mahram (48) menambahkan, seluruh dana bantuan pemerintah yang diturunkan  ke desa, bertujuan untuk memajukan dan mensejahtrakan seluruh warga  desa.   Tapi tidak sedikit dana bantuan apapun dijadikan alat untuk pencitraan para pejabat.

Seperti halnya DD angaran tahun 2018 yang konon katanya akan dinaikan menjadi Rp.1,5 milyar perdesanya.  Tapi nyatanya ada beberapa desa di Kabupaten Cianjur bantuan DD tahun anggran 2018 nilai nominal malah turun. Seperti Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi, Desa Babakan Caringin Kecamatan Karangtengah dan desa lainnya.

Hal itu terjadi  menandakan adanya pengecualian terhadap desa  tersebut. Hingga  nilai bantuan DD tahun anggran 2018 nilainya  diturunkan. Padahal desa tersebut masih banyak membutuhkan biaya untuk melaksanakan berbagai pembangunan yang mengarah pada kemajuan dan kesejahtraan warganya.

” DD tahun anggran 2018 dan  2019  akan dinaikan  diatas satu milyar, nyatanya bukan naik melainkan ada beberapa desa yang turun nilainya, hingga membuat pusing desa itu sendiri. Hingga bukan  diatas satu milyar, tapi sami lieur ah,” ujar Mahram.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here