Camat & Sekmat se Kabupaten Cianjur Lakukan Test Urine

0
69
Camat & Sekmat Se Kab. Cianjur lakukan tes urine

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com  – Puluhan Camat dan Sekertaris Kecamatan (Sekmat) di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, benar-benar dibuat kaget. Karena setelah mengikuti rakor, dilanjutkan sosialisi Narkoba yang diadakan Pemkab Cianjur, para camat dan sekmat langsung di tes urin oleh BNNK Cianjur. Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Jalan Raya Bandung, Senin(20/11).

Hal tersebut dilakukan untuk membuktikan para pejabat eselon dua di Pemkab Cianjur itu tidak ada yang terlibat narkoba. Meski diantaranya ada tiga camat yang tidak hadir. Yaitu, Camat Leles,  Agrabinta dan Cibinong karena ada tugas  lain.

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, acara rakor ini dihadiri seluruh camat dan sekmat se Kabupaten Cianjur. Kemudian acara dilanjutkan  dengan sosialisasi narkoba. dan langsung dilakukan tes urine.

“ Namun  ada tiga camat yang tidak hadir karena ada tugas lain .Bahkan kami tidak memberitahukan untuk dites urine dan mudah-mudahan hasilnya bagus semua,” kata Herman pada wartawan.

Menuru dia, setelah mengikuti tes urine, maka akan ketahuan hasilnya. Bila ada camat atau sekmat hasilnya terindikasi narkoba maka akan dilakukan rehabilitasi.

” Tapi positifnya apa dulu? kan banyak macam, ada obat dari dokter. Kalau positifnya narkoba maka akan dilakukan rehabilitasi,” katanya.

Kepala BNNK Cianjur Basuki menambahkan, kegiatan sosialisasi ini untuk menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendayaan Aparatur Negara RB No 50 tahun 2017 yang sudah melakukan MoU dengan BNN RI. Yakni calon PNS dan PNS harus mengikuti sosialisasi bahaya narkoba dan langsung dites urine.

” Tapi pelaksanaannya dilakukan oleh pemerintah daerah yang berkewajiban bupati sama wakil bupati,” ujar Basuki.

Menurut Basuki, kegiatan sosialisasi dan tes urine ini anggarannya  menggunakan APBD. Karena BNNK punya anggaran terbatas, hanya menyiapkan untuk tes urine dan teskit.

“Kami BNNK melakukan tes urine agar para pejabat eselon bersih dari narkoba demi menjaga integritas Cianjur dengan slogan jago. Makanya kami adakan sosialisasi P4Gn,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here