Bupati Sukabumi Hadiri Simposium Asia Pasific Geopark Network

0
157
Bupati Sukabumi Marwan Hamami berada di tengah

Sukabumi, metronusantara.com – Bupati Sukabumi Marwan Hamami tampaknya memang tidak main-main memperjuangkan Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk menjadi Unesco Global Geopark.

Setelah menerima tim penilai dari Unesco, awal Agustus lalu, Bupati Sukabumi kemudian terbang ke China untuk menghadiri simposium ke 5 Asia Pasific Geopark Network (APGN) di Zhijindong Cave Global Geopark, Provinsi Guizhou, China, pada 19 – 24 September 2017.
Negeri China.

Simposium bertema “UGG Contribute to the Sustainable Development of Local Economic” itu dihadiri lebih dari 750 peserta dari 50 negara yang terdiri dari pengelola geopark, ilmuwan dan kepala daerah di kawasan geopark yg ada di Asia Pasifik dan negara lain di seluruh dunia.

Delegasi Kabupaten Sukabumi yang dipimpin Bupati ini termasuk “strong delegation” yang terdiri dari Ketua DPRD, Kepala Dinas Pariwisata selaku GM geopark Ciletuh Pelabuhanratu, Assisten Daerah 2, Ketua Bapeda, dan Kepala Bagian Ekonomi .

Dalam simposium tersebut. Delegasi Sukabumi dengan dukungan Pemprov Jabar akan menyiapkan pameran dan penyampaian makalah.

Sebelum berangkat ke China, Bupati Sukabumi menjelaskan, keberangkatannya untuk menghadiri symposium itu merupakan wujud keseriusan Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk berkiprah di event International.
“Dalam penutupan simposium Unesco itu akan diumumkan apakah Geopark Ciletuh Palabuhanratu akan masuk nominasi dalam pemberian sertfikat UGG yang akan disampaikan pada Maret 2018 di Italia,” katanya.

Karena itu, katanya lagi, kehadirannya yang sekaligus juga mewakili Gubernur Jawa Barat di China itu, sangat strategis dan akan diapresiasi oleh Unesco sebagai keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi anggota Unesco Global Geopark.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here