Bupati Cianjur Bersama Warga Haurwangi Lakukan Gorol Cor Beton Jalan

0
213
Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar bersama waefa Haurwangi laksanakan Gorol membangun jalan cor beton

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Gotong Royong (Gorol) merupakan  budaya masyarakat Indonesia sejak zaman dulu. Biasanya, Gorol dilakukan masyarakat saat akan membangun rumah, Masjid, membersihkan saluran irigasi, jalan dan tempat umum lainnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman pada tahun 80 an sampai dengan sekarang, Gorol nyaris hilang.

Baru-baru ini Bupati Cianjur DR.  H. Irvan Rivano Muchtar, S.IP. SH. M.SI, memprogramkan dan menggalakan kembali budaya Gorol. Untuk itu, bupati turun saba kampung, perdesaan di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur. Seperti pada Jumat (02/03). Irvan melaksanakan Gorol bersama warga Haurwangi mencor beton jalan menuju Makam Eyang Dalem Pasir di Desa Cihea Kecamatan Haurwagi.

Saat itu, perwakilan dari seluruh dinas instansi, Muspika, para OPD, para kepala desa, Ormas dan tokoh masyarakat Kecamatan Haurwangi, kompak turun ikut Gorol membangun cor beton jalan.

Irvan saat diminta komentar tentang Gorol, menolak untuk memberikan komentar. Irvan hanya menunjuk Kepala Cihea, untuk berbincang dengan awak media.

“ Komentar pak Kades saja, karena ia akan nyalon kades lagi nanti, kalau saya sedang jadi bupati jadi takut dikatakan akan mencalonkan gubernur,” kata Irvan.

Sementata itu, Camat Haurwangi, Iwan Karyadi menjelaskan, jalan menuju makam Eyang Dalem Pasir sepanjang 640 meter, lebar 3 meter, sekarang sedang dibangun cor beton. Pengerjaannya dilakukan dengan cara Gorol. Sedangkan biayanya merupakan sumbangan dari pribadi bupati, pihak kecamatan, para OPD, para kepala desa, PGRI, Ormas dan donasi masyarakat Kecamatan Haurwangi.

Menurut Iwan, cor beton yang dikerjakan sekarang itu merupakan pengerjaan tahap pertama dengan panjang 200 meter, lebar 3 meter dan tinggi 20 Cm. Sisanya akan dikerjakan pada Gorol selanjutnya. Utamanya setelah cor beton yang sekarang kering.

Selanjutnya Iwan mengucapkan terima kasih pada Bupati Cianjur, para SKPD, Muspika, para kepala desa, OPD, PGRI, Pramuka, Ormas, tokoh masyatakat dan seluruh warga Kecamatan Haurwangi yang telah ikut andil melaksanaka Gorol membangun cor beton jalan menunu makam yang dianggap kramat. “ Semoga bermanfaat dan menjadi amal kebaikan,” kata Iwan Karyadi.

Kepala Desa Cihea Supriatna menambahkan, dilaksanakannya Gorol  itu, merupakan hal yang tepat. Karena telah sesuai dengan keinginan warga setempat dan para peziarah yang kerap kali datang ke makam Eyang Dalem Pasir.

Karena jalan tesebut, selain nanjak juga banyak belokan. Hingga sulit dilalui mobil maupun motor. Karena setiap turun hujan tanahnya terkikis air, hingga kondisi jalan amburadul. Tapi setelah dilaksanaka Gorol itu benar sangat membantu berjalannya perekonomian warga. Sekaligus  memudahkan para peziarah untuk datang ke makam Eyang Dalem Pasir.

“ Karena itu kami memohon pada Bupati Cianjur, sisa jalan sepanjang 440 meter, setelah selesai dan kering  cor beton yang sekarang sedang dikerjakan, diharapkan dibangun kembali dengan cara Gorol lagi,” ucap Supriatna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here