BUMDes Jambudipa, Sabilulungan Diresmikan

0
43
Acara syukuran dan sekaligus peresmian BUMdes Jambudipa. Sabilulungan

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantar.com – Kepala Desa (Kades) Jambudipa Asep Saepuloh beserta Camat Warungkondang Candra Dwi Kusumah, meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Sabilulungan di Desa Jambudipa  Kecamatan Warungkondang, (19/01).

Peresmian tersebut ditandai dengan penadatanganan prasasti oleh Kades Jambudipa disaksikan pejabat Muspika Warungkondan dan Ketua Bumdes beserta anggota.

Pada kesempatan itu Asep Saepuloh mengatakan, dengan adanya BUMDes Sabilulungan, diharapkan menjadi langkah awal kesejahteraan masyarakat di desa Jambudipa. Karena dengan adanya BUMDes, berbagai potensi yang ada di desa dapat terserap secara maksimal.

“ Bumdes merupakan bentuk kemitraan antara pemerintah desa sebagai sektor publik dengan masyarakat setempat. Seperti tertuang dalam UU No 6 Thun 2014 pasal 87 ayat 3 menyebutkan Bumdes dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata  Asep Saepuloh.

Menurut dia, modal unit usaha di desanya itu sebesar Rp 50 juta. Ada pun tujuan utama dari BUMDes adalah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Sekaligus meningkatkan tarap usaha kecil menegah (UKM). Terutama usaha rumahan yang akan jadi sentral BUMDes Sabilulungan.

” Ada sekitar 20 UKM yang akan digaet BUMDes Sabilulungan dan sekaligus diberi bantuan modal yang nantinya akan dimasukan ke PADes. Termasuk lampu gentur,” katanya.

Lanjut dia mengatakan, BUMDes Sabilulungan akan berperan dan mengembangkan produk rumahan dan hasil olahan masyarakat di Jambudipa.

” Semua UKM yang ada di Jambudipa  akan diwadahi yang nantinya produk tersebut akan jadi ciri khas Jambudipa,” ujarnya menegaskan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here