BNNK Cianjur Waspadai Jamur Kotoran Hewan

0
543
Jamur dari kotoran hewan bila dikonsumsi secara berlebihan bisa mematikan

Laporan : Aldan

Cianjur,metronusantara.com – Ditemukannya Jamur yang bisa membuat halusinasi manusia di Kota Bandung Jawa Barat belakangan ini, membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cianjur terus waspada. Namun sekarang ini belum ada  narkoba jenis baru yang masuk ke wilayah hukumnya. Tapi kewaspadaan terus dilakukan salah satunya dengan  mewaspadai jamur kotoran hewan tersebut.

“ Namun sekarang belum ada narkoba jenis baru yang masuk ke Cianjur  tetapi tidak menutup kemungkinan bisa saja diselundupkan ke Cianjur,” kata Kepala BNN Kabupaten Cianjur, Basuki, Jumat (27/10).

Menurut dia, jamur yang hidup diatas kotoran sapi atau kerbau termasuk dalam Genus Psilocybe yang bisa menyebabkan halusinogen (halusinasi) bahkan bisa mematikan.

Tanaman dengan nama latin Psilocybe Cubensis ini merupakan sejenis jamur yang tumbuh dan hidup di atas permukaan kotoran hewan. Jamur jenis ini banyak tumbuh di kotoran sapi, kerbau, banteng dan lain-lain.

“ Jamur ini dapat tumbuh subur pada iklim manapun, baik di pegunungan maupun di pinggir pantai. Bisa disebut hidup dalam iklim apa saja,” katanya.

Basuki, menjelaskan di dalam jamur kotoran sapi ini mengandung Psilosibina dan Psilosina yang termasuk ke dalam Psikotropika golongan I.  Efek penggunaan jamur ini sama dengan efek menggunakan Psikotropika jenis heroin atau LSD. Sehingga menyebabkan orang yang mengkonsumsi jamur kotoran sapi tersebut dapat terhalusinasi.

“ Dia juga mengalami euforia dan bisa mengalami kesedihan yang berlebihan. Pada indra perasa, terutama kulit dan lidah akan menjadi lebih sensitif. Seseorang yang sedang dalam pengaruh jamur kotoran hewan tersebut, penggunanya akan menjadi lebih individual dan asyik dengan dunianya sendiri serta jarang mau bersosialisasi dengan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bentuk jamur ini kecil dan jika dikonsumsi langsung dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan kematian.

Utuk itu BNNK Cianjur terus melakukan pencegahan seperti sosialisasi langsung kepada masyarakat. Karena untuk memberantas barang haram ini harus dimulai dari yang paling kecil yakni keluarga.

“ Jamur jenis ini masuk dalam narkotika golongan I dan telah diatur dalam Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here