Baligo Balon Gubernur Jawa Barat Dipasang Seenaknya Saja

0
75
Poster Balon Gubernur Jabar dipasang seenaknya bahkan banyak yang dipasang di pohon dengan menggunakan paku

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Genderang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat belum ditabuh. Tapi suhu politik sudah terasa mulai memanas. Bahkan baligho Bakal Calon (Balon) Gubernur Jawa Barat,  sudah mulai banyak terlihat berjejer dipasang di pinggir jalan raya nasional, provinsi mau pun jalan raya kabupaten. Hal itu dilakukan tiada lain hanya untuk mencari simpatisan warga.

Ironisnya, dipasangnya baligho Balon tersebut, tidak seluruhnya dipasang menggunakan tiang bambu. Melainkan dipasang langsung  di pohon dengan menggunakan paku.

Seperti halnya baligho Balon Gubernur dan Wakil Gubernur pasangan Deddy Mizwar – H.  Ahmad Syaikhu dan baligo Balon Gubernur H. M. Ridwan Kamil (RK). Baligo tersebut dipasang seenaknya saja. Hingga terkesan dipasang tak beretika dipaku langsung pada pohon yang ada di kiri kanan jalan raya Ciranjang-Bojongpicung. Tepatnya di Kampung Cibogo  Desa Mekargalih  Kecamatan Ciranjang.

Salah seorang pencinta lingkungan hidup, Iwan Yusup (50) mengatakan, meski belum ada pendaftaran Balon Gubernur dan Wakil Dubernur Jawa Barat, namun mereka yang berambisi untuk jadi Jabar 1 dan 2 telah sibuk mencari simpati warga. Baligo pun terpampang di tempat-tempat strategis hingga ke perkampung dan sepanjang jalan. Ironisnya, pemasangan baligo itu tak memperhatikan etika dan lingkungan.

Tentu saja pemasangan baligho seperti itu sangat disesalkan banyak pihak. Apalagi yang dipasang di phon dengan menggunakan paku. Jelas hal itu akan merusak pertumbuhan pohon.

Karena itu masyarakat berharap, pengurus partai dan tim sukses yang mengusung Balon tertentu, hendaknya memperhatikan lingkungan. “Karena pohon itu juga merupakan mahluk hidup yang perlu dirawat dan dijaga kelestariannya,” kata Iwan.

Sementata itu, pengurus Yayasan Hijau Indonesia (YAHI) Kabupaten Cianjur, Endang Kohar mengatakan,  pihaknya  sangat menyesalkan adanya pemasangan baligo yang dipaku langsung di pohon-pohon. Karena hal itu melanggar aturan  dan tidak  menjunjung tinggi lingkungan hidup dengan  katagori merusak estetika dan lingkungan.

Melihat kenyataan demikian, pihaknya mengharapkan Satpol PP Kabupaten Cianjur segera membersihkan baligho yang tak beretika tersebut. Karena sudah mutlak melanggar aturan dan diharapkan pula pada pihak Bawaslu Provinsi Jawa Barat,  agar segera perangkat Panwas tingakt desa difungsikan dan diaktipkan.

“ Hingga jika ada pelanggaran dapat segera ditindak,  seperti pelanggaran pemasangan baligho yang dipaku langsung di pohon,” ujarnya menegaskan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here