Awal Hujan Hama Datang, Petani Harus Waspada

0
193
Awal musim hujan, petani harus waspada

Laporan : Rudi/Jib

 Cianjur, metronusantara.com – Hujan yang turun belakangan ini membuat para petani di Kecamatan Gekbrong Cianjur Jawa Barat, sumringah. Mereka pun dengan penuh semangat pergi ke sawah untuk menanam padi.

Namun ada hal yang harus diperhatikan para petani.  Karena di musim hujan pertama itu, hama mau pun penyakit berkembang lebih pesat dan mengakibatkan kerusakan tanaman lebih parah. Apalagi hama dari hujan malam hari dapat berkembang dengan intensitas yang tinggi.

Kepala Balai Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPBTPH) Kecamatan Gekbrong Yayat Duriat mengatakan, ada dampak negatif  dari seringnya diguyur hujan malam hari. Karena perkembangan hama disemua jenis tanaman akan cepat berkembang. Perkembangan tersebut terjadi karena lahan pertanian yang mengalami kelembaban cukup tinggi.

“ Beberapa hama yang muncul di musim seperti ini antara lain hama penggerak batang, keong dan juga tikus, oleh sebab itu semua harus lebih waspada,” ujarnya, Jumat (29/9).

Yayat menjelaskan, hama penggerak batang biasanya seringkali terjadi di cuaca seperti ini. Terlebih lagi saat awal musim tanam padi.

“ Hama tersebut nantinya dapat berkembang dan berubah menjadi ngengat. Ngengat akan bertelur pada batang tanaman yang dekat dengan permukaan air,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal itu, lanjut Yayat, pihaknya mengimbau ke seluruh petani sawah khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Gekbrong untuk dapat mengdalikan keadaan tersebut.

“ Kami pun akan melakukan tindakan pengendalian bila ada sawah petani yang terserang hama tersebut, karena itu adalah pekerjaan kami,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here