Animo Masyarakat Ciranjang Pada Pencalonan Pilkades Cukup Tinggi

0
515
Panitia pendaftaran sedang menyerahkan berkas pada Ketua Panitia Pilkades.

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2018 tahap pertama di Kabupaten Cianjur, akan segera digelar. Untuk Kecamatan Ciranjang, ada tiga desa yang akan melaksanakan Pilkades. Yaitu, Desa Mekargalih, Ciranjang dan Sindangjaya.  Animo masyarakat Ciranjang dalam pencalonan Pilkades nampaknya cukup tinggi, khususnya pencalonan Pilkades Mekargalih dan Pilkades Ciranjang.

Menurut keterangan, hingga saat ini, Panitia Pilkades Mekargalih telah menjaring Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) sebanyak 10 orang pendaftar. Yakni masing-masing, Atang Rasidi, Asep Itang Hidayat, Asep Deni Mulyadi, Asep Saepudin, H. Ma’mun, Saepuloh, Rochani Djuhaeni, Dedi Mulyadi, Taryat Dibrata, S.Pd, MM Pd dan Ahmad Susman, S.Sos.

Sementara, Panitia Pilkades Ciranjang, mampu menjaring Balon Kadesa Ciranjang sebanyak 7 Orang. Yaitu,  Endang Wirawan, H Deden Ependi, SH,  Lia Nurlia, Ojak Suparman,  Iwan Yusup,  Asep Gumelar dan Agus Kusmawan.

Sedagkan Panitia Pilkades Sindangjaya hanya mampu penjaring Balon Kades sebanyak 4 Orang,. Yaitu, Juandi, Heri, Sajaroh dan Ali Akbar.

Salah seorang anggota Panitia Pilkades Mekargalih, A Saepudin menjelaskan, panitia Pilkades Mekargalih bekerja melaksanakan tugas sesuai tahapan. Diantaranya telah  selesai menutup  pendaftaran Balon Kades, hingga mampu menerima pendaftar sebanyak 10 orang.

Dari pendaftar sebanyak itu, nantinya akan dilaksanakan penjaringan dengan melaksanakan test. Karena yang berhak menjadi calon kades hanya 5 orang peserta. Hal itu diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) dan rencana untuk melaksanakan testnya, akan dilaksanakan di Kabupaten Cianjur.

Karena bila dilaksanakan pihak panitia takut adanya hal yang tidak diinginkan semua pihak. Selain itu juga soal test seluruhnya akan diserahkan pada pihak Pemkab Cianjur. “ Maka dengan demikian diharapakan pelaksanaan Pilkades Mekargalih dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar,” kata Saepudin.

Sementata itu, Camat Ciranjang, Saepul Anwar mengatakan, di Kecamatan Ciranjang ada 3 desa yang akan melaksanakan Pilkades. Dua diantaranya harus menjalanka test, karena pendaftarnya melebihi ketentuan.

Balon Kades Mekargalih dan  Bolon Kades Ciranjang, seluruhnya harus mengikuti penjaringan tahap berikutnya. Yaitu mengikuti test, karena melebihi quota yang ditentukan dalam Perda. Karena itu diharapakan, seluruh panitia Pilkades yang ada di Kecamatan Ciranjang, mampu melaksanakan tahapan sesuai aturan yang berlaku.

“ Kami pun berharap, panitia Pilkades mampu menjaga netralitasnya, tidak memihak pada salah seorang balon dan calon kades manapun, tapi yang harus dilakukannya yaitu melaksanakan tugas dengan jurdil,” tegas Saepul Anwar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here