Alamaaak…Sungai Ciranjang Dijadikan  Tempat  Pembuangan Sampah  

0
307
Memprihatikan, Sungai Ciranjang dijadikan tempat pembuangan sampah

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metronusantara.com – Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, nampaknya masih harus terus dipacu. Terutama dalam hal membuang sampah. Khususnya oknum masyarakat yang rumahnya berdekatan aliran sungai. Hingga ia seakan terbiasa membuang sampah ke sungai.

Sungguh memprihatinkan. Tapi fenoma itu sudah menajdi pandangan sehari-hari. Buktinya, lihat saja yang kini terjadi di Sungai Ciranjang. Sungai yang satu ini membentaang dari Kecamatan Bojongpicung sampai Kecamatan Ciranjang.Sungai Ciranjang ini melewati ribuan rumah penduduk yang  bermukim di bantaran kali Ciranjang.

Hingga tak jarang, aliran air  Sungai Ciranjang, sering digunakan untuk mandi, cuci dan kakus. Tak hanya itu saja. Sungai Ciranjang pun dijadikan tempat alternatif untuk tempat pembuangan sampah rumahan.

Seperti halnya di Kampung Cibogo 1 Desa Ciranjang dan Kampung Ciboga 2 Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang. Tepatnya di bawah jembatan Cibogo, berjejer tumpukan sampah yang dibuang warga setempat tiap hari. Ironisnya, dimusim kemarau seperti sekarang ini aliran airnya sering digunakan untuk mandi, cuci dan kakus. Nandang (45) warga Kampung Cibogo, Desa Mekargalih mengatakan, memang benar sampah rumahan dibuang warga setempat tiap harinya.

Hingga tumpukan sampah berjejer di pinggir kali Ciranjang dan di bawah jembatan Cibogo.Terlihatnya tumpukan sdampah di kali Ciranjang, itu karena sekarang musim kemarau. Kalau airnya sedang pasang buangan sampah langsung hanyut ke hilir, hingga tumpukan sampah tidak kelihatan sama sekali.

” Ironisnya lagi, sampah yang brjejer di kali Ciranjang, menimbulkan bau yang tak sedap. Meski demikian, tetap saja warga setempat menggunakan airnya intuk keperluan sehari-hari. Terutama untuk mandi, cuci dan kakus,” ucap Nandang.

Lebih lanjut Nandang mengatakan, dibuangnya sampah ke kali Ciranjang, karena di Kampung Cibogo dan sekitarnya tidak ada tempat pembuangan sampah.Warga berharap, pihak Pemerintahan Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang dan Pemkab Cianjur, dapat membuat tempat pembuangan sampah rumahan.

Hingga warga tak lagi membuang sampah ke sungai. Karena kalau tidak segera diatasi, tentang cara membuang sampah sembarangan akan menjadi petaka bagi semua pihak.

“ Apa lagi dibuangnya ke kali Ciranjang, irigasi dan aliran sungai lainnya, banjir tentu akan mengancam keselamatan warga,” tambahnya.Sementara itu, Pjs Kepala Desa Ciranjang, Gunarto (47)  saat dihubungi di ruangan kerjanya (26/9) mengatakan, pihaknya  tidak menampik akan masalah tersebut.

Padahal, aku Gunarto, warga Kampung Cibogo, Desa Ciranjang, sejak dulu sering  diberi  pengarahan dan penjelasan tentang larangan membuang sampah ke kali Ciranjang.Malahan, masih kata Gunarto, pihaknya pernah membuat pengumuman larangan membuang samaph ke kali.

Pengumuman tersebut dipasang di bantaran kali Ciranjang. Namun ternyata, warga tetap saja membuang sampahnya ke kali Ciranjang.Melihat kenyataan yang memprihatinkan tersebut, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan antisipasi.

“Selain itu juga melaksanakan lagi pembinaan pada warga sekitar dan akan langsung diajak gotong royong membersihakan sampah yang menumpuk di kali Ciranjang,” kata Gunarso.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here