Acara Tabuh II Tiwah Massal di Rungan Berjalan Aman & Lancar

0
200
Upacara sdat pengangkatan tulang manusia di Kec Rungan Kab. Gunung Mas.

Laporan : R. Rahmat Saleh

Gunung Mas, metronusantara.com – Acara Tabuh II Tiwah Massal yang dilaksanakan pada Senin (25/9) di Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas, berjalan secara tertib, lancar dan aman.

Semua itu terwujud karena terwujud karena kesigapan, kewaspadaan anggota Polsek Rungan Polres Gunung Mas yang serta kepedulian dan tanggung jawab anggota Polsek Rungan terhadap tugas diembannya.

Menurut keterangan, acara tersebut dipusatkan di depan Balai Hindu Kaharingan Hatapung. Tepatnya di Kuluk Guhung Kecamatan Rungan.

Saat itu, personil Polsek Rungan yang diturunkan untuk mengamankan acara Tabuh II Tiwah Massal sebanyak empat personil. Yaitu masing-masing, 1. Brigpol Eko Harianto 2. Brigpol Julian Priangga 3. Briptu Muhammad Arifin 4. Bripda Bobi Trio Perdana.

Kapolsek Rungan Ipdapol Marolop Purba mengatakan, pesta ritual adat tiwah tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ritual adat pengangkatan tulang manusia untuk disimpan didalam sebuah sandung.

“ Kegiatan yang sedikit diikuti oleh seratus orang itu, berjalan dengan kondusif tanpa ada halangan dan rintangan yang berarti,” jelas Kapolsek Rungan pada metronusantara.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here