0
140
Bengkel kreasi MTs Manarulhuda diharapkan mampu mendidik siswa berkarya dan berwirausaha

Laporan : Sam

Cinjur, metronusantara.com – Untuk melatih siswa berkarya dan berwirausaha, MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, Selasa (12/12) pagi hari.  Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah,  Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri para orangtua siswa dan tamu undangan lainnya yang datang dari berbagai dinas  instansi terkait.

Pada kegiatan itu, selain memamerkan hasil kerajinan, para siswa pun mendirikan stand bazaar dan memperlihatkan bakatnya di hadapan tamu undangan. Banyak tamu yang terpukau dengan kreasi dan kerajinan siswa tersebut.

Sembilan stand dari sembilan kelas, menjual beragam kuliner dan pewangi. Ada yang buatan siswa dan ada pula buatan orang tua siswa.

Kepala MTs Manarulhuda, Uum Bahrul Ulum mengatakan, tujuan diselenggarakannya Bengkel Kreasi Siswa untuk melatih siswa memanfaatkan limbah menjadi barang bermanfaat. Seperti halnya bekas korek api gas menjadi miniatur motor.

“Kegiatan ini dikemas dalam eskul KMC (Komunitas Manaraulhuda Creatif) untuk melatih anak berkreasi. Hingga bisa menghasilkan sesuatu yang berarti, walau pun dari barang tak berarti seperti sampah,” paparnya.

Beragam kerajinan tersebut sudah jauh hari diciptakan siswa dengan binaan guru. Misalnya miniatur rumah, miniatur vespa, bingkai foto, dan lain sebagainya. Bengkel Kreasi Siswa ini baru diadakan pertama kalinya.

” Kegiatan diadakan diakhir semester. Biasanya kan anak setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) ada class meeteing. Kita kemas acara seperti ini untuk memperlihatkan kreatifitas siswa kepada orangtua,” jelasnya.

Bukan hanya itu, diundangnya orangtua dalam kegiatan itu untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antara sekolah dan orangtua siswa. Hal itu untuk memantau aktivitas siswa agar sibuk dengan hal positif.

” Kami undang orangtua siswa, Pemda, Kemenang, Kades, unsur yayasan, komites sekolah. Selain untuk bersilaturahmi juga untuk  menyampaikan program,” tambahnya.

Dia berharap, adanya kegiatan tersebut, para siswa bisa belajar berkreasi dan berwirausaha. Ke depan kegiatan serupa direncanakan kembali diselenggara secara nerkesinambungan.

” Kegiatan seperti ini diharapkan bisa dilakukan secara berkesinambungan dan lebih meriah. Untuk itu, anak-anak juga harus terus berkreasi dan bangga dengan kreasinya, bahkan ke depan bisa dijual ke pasaran,  karena tadi juga sudah banyak yang nanya-nanya karya siswa,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here