18 Desa Se-Kecamatan Cibeber Ikut Pelatihan BUMDES

0
32
Pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan tersebut digelar di Hotel Yasmin Cipanas

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Cianjur dan Pendamping Desa Kecamatan Cibeber, mengadakan  pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan tersebut digelar di Hotel Yasmin Cipanas Cianjur, Rabu 15 s.d 16 Nopember 2017 di ikuti 18 desa yang ada di  Kecamatan Cibeber.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa dan   mengupas konsep pengelolaan BUMDes, tata kelola keuangan BUMDes dan administrasi BUMDes.

Pelatih itu juga mengulas mekanisme pembuatan Peraturan Desa (Perdes), Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART).

Pendamping kecamatan Sahid, S.Kom memaparkan, dasar pendirian BUMDes mengacu pada Undang Undang no.6 tahun 2014 tentang desa.

Jadi, baru pertama kali ini Kecamatan Cibeber mengadakan Bintek BUMDes yang diselenggarakan pihak kecamatan. Kepala Desa (Kades) diberi kewenangan oleh undang-undang untuk membentuk BUMDes dan menambah pendapatan asli desa dari usaha BUMDes demi kesejahtraan masyarakat.

” Tujuan Bintek ini untuk membentuk Bumdes yang nantinya akan menambah pendapatan desa itu sendiri,” ungkap dia.

Perwakilan dari Kecamatan Cibeber pemberi materi Hendi Rinaldi mengatakan, pembentukan BUMDes merupakan upaya menggedor perputaran ekonomi desa.

” Semoga bisa meningkatkan perekonomian dengan cara membentuk unit simpan pinjam konvensi,”ujarnya

Dia menambahkan, modal BUMDes bisa didapat dengan cara penyertaan alokasi dana desa atau corprate social responsibility perusahaan yang beraktifitas diwilayah desa.

Sementara itu, perwakilan pendamping Kecamatan Cibeber, Sahid berharap, peserta pelatihan yang terdiri dari 18 desa dan pengurus BUMDes, perangkat desa, PKK dan pelaku usaha agar serius mengikuti pelatihan.

” Saya harap dapat dengan serius mengikuti pelatihan yang diberikan agar menjadi bakal dalam pengelolaan BUMDes nantinya,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here